Tahukah Anda : Facebook Bisa Menimbulkan Rasis

27 Jul

LONDON – Para aktivis sosial meminta Mark Zuckerberg, pemilik Facebook melakukan tindakan pencegahan agar isu kebencian ras melalui internet tidak semakin marak.

Pasalnya, peningkatan jumlah anggota Facebook menjadikan situs jejaring sosial tersebut menjadi sasaran populer bagi kelompok kampanye atau politik tertentu, termasuk organisasi radikal, untuk menyebar isu ras yang rentan dengan perpecahan dan anarkisme. Saat ini Facebook memiliki lebih dari 200 juta anggota di seluruh dunia dan terus menarik ribuan anggota baru setiap harinya.

Dilansir melalui Telegraph, Kamis (23/4/2009), Kepala Federation of Poles, Inggris Raya, Dr Jan Mokrzycki, telah mengirim surat pada Zuckerberg dan memintanya menutup akun salah satu anggota kelompok radikal bernama Polish yang diduga mampu menyulut kemarahan.

“Umumnya kami berusaha tidak memperlihatkan gelagat melawan kelompok Polish. Namun bahasa yang mereka gunakan dalam website berkesan sangat kasar dan rasis. Sehingga kami tidak punya pilihan lain,” ujarnya.

Dalam suratnya tersebut Mokrzycki juga meminta Zuckerberg menghentikan tindakan rasisme yang marak terjadi melalui Facebook.

“Saya meminta Anda menghentikan setiap tindakan rasial di internet. Akan sangat baik jika situs terhormat seperti Facebook lebih selektif dalam menerima anggota dan mengecek serta mengontrol apapun yang mereka taruh di website,” tulisnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: